Rabu, 14 Oktober 2009

che dan bung karno, revolusioner


che guevara adalah sosok legenda bangsa kuba, menginspirasi anak-anak muda di dunia ketiga. che fenomenal, karena prinsip perjuangannya yang teguh dan meyakini ideologi sosialisme (komunis). che menjadi figur fenomenal yang hidup untuk saat ini, karena kapitalisme liberal barat telah menggurita melalui mantra globalisasi. kita pun kini bertanya, apa arti che buat bangsa ini? che adalah sumber energi yang membangkitkan romantisme perjuangan rakyat miskin tertindas.

kita, mungkin memang tak sejiwa dengan che; karena kita memiliki lintasan sejarah sendiri dan juga karakteristik kebangsaan sendiri. bagi bangsa ini, bung karno, bapak bangsa, lebih revolusioner dari che. bung karno telah menggagas konsepsi gerakan nonblok yang fenomenal, brilyan dan menggetarkan dunia kapitalis dan imperialis barat. melalui spirit gerakan nonblok, bung karno telah berjihad menyadarkan, membangkitkan sekaligus mengispirasi negara-neaara asia afrika untuk merdeka.

bangsa yang cerdas adalah bangsa yang segera cepat menyadari kecerdasannya, dan mau mengerti keterbatasannya. dan sebaliknya, bangsa yang bebal adalah bangsa yang tak pernah menyadari kecerdasannya, dan juga tak pernah mau mengerti kebebalannya. saya bertanya kepada anda, secara genetis, apakah kita ini tergolong bangsa (melayu) yang cerdas atau bebal? kalau cerdas, mengapa bangsa ini sampai dijajah oleh bangsa-bangsa lain, yang sejatinya adalah bangsa dari negara dengan luas wilayah relatif kecil seperti belanda dan jepang. dan mengapa bangsa ini sampai dijajah lebih dari 3 abad lamanya, teramat lama dan panjang untuk sebuah bangsa yang tergolong cerdas.

1 komentar: