Kamis, 06 Agustus 2009

in memoriam ws rendra















innalillahi wainna illaihi rojiun. belum kering pusara kubur musisi jalanan mbah surip, kini menyusul seniman revolusioner ws rendra (75 tahun), wafat pada hari kamis (6/8) pukul 22.10 wib di rs kelapa mitra, jakarta. dalam kondisi sakit itulah, ws rendra memang tak terlihat saat prosesi pemakaman saudara segendongannya yakni mbah surip, yang dikubur di kompleks pemakaman bengkel teater rendra di citayam, depok, pada selasa (4/8) lalu.

ws rendra lahir di solo, 7 november 1935. sepulang memperdalam pengetahuan drama di american academy of dramatical arts, ia mendirikan bengkel teater di jogja, pada tahun 1967. sajak-sajaknya dikenal sejak tahun 1950-an. antara april-oktober 1978, ia sempat mendekam ditahanan pada masa era rezim soeharto karena pembacaan sajak-sajak protes sosialnya di taman ismail marzuki, jakarta.

sebelumnya, ws rendra sempat dirawat di rs mitra keluarga, kelapa gading, karena penyakit jantung koroner yang dideritanya. ia juga sempat dirawat di rs cinere sejak kamis (25/6). namun, karena kondisinya tidak kunjung membaik, penyair revolusioner ini dirujuk ke rs harapan kita, lalu dirujuk kembali ke rs mitra keluarga. dan sampai jumat dini hari (7/8), jenazah budayawan ws rendra, masih disemayamkan di perumahan pesona khayangan, depok. semoga arwah ws rendra diterima di sisi alloh swt, diampuni segala dosa dan khilafnya, diterima amal sosial dan amal ibadahnya. amin yaa robbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar